VIRTUAL REALITY
bloghewanteknologi
Definisi realitas virtual datang, secara alami, dari definisi 'virtual' dan 'realitas'. Definisi 'virtual' sudah dekat dan realitas adalah apa yang kita alami sebagai manusia. Jadi istilah 'realitas virtual' pada dasarnya berarti 'hampir-realitas'. Ini tentu saja bisa berarti apa saja tetapi biasanya mengacu pada jenis tertentu dari emulasi realitas.
Kita mengetahui dunia melalui indera dan sistem persepsi kita. Di sekolah kita semua belajar bahwa kita memiliki lima indera: rasa, sentuhan, penciuman, penglihatan dan pendengaran. Namun ini hanya organ indera kita yang paling jelas. Yang benar adalah bahwa manusia memiliki lebih banyak indera daripada ini, seperti rasa keseimbangan misalnya. Masukan sensorik lainnya ini, ditambah beberapa pemrosesan khusus informasi sensorik oleh otak kita memastikan bahwa kita memiliki aliran informasi yang kaya dari lingkungan ke pikiran kita.
Segala sesuatu yang kita ketahui tentang realitas kita datang melalui indera kita. Dengan kata lain, seluruh pengalaman realitas kita hanyalah kombinasi dari informasi sensorik dan mekanisme otak kita untuk memahami informasi tersebut. Maka masuk akal, bahwa jika Anda dapat menyajikan indra Anda dengan informasi yang dibuat-buat, persepsi Anda tentang realitas juga akan berubah sebagai tanggapan terhadapnya. Anda akan disajikan dengan versi realitas yang tidak benar-benar ada, tetapi dari sudut pandang Anda, itu akan dianggap nyata. Sesuatu yang kita sebut sebagai realitas virtual.
Jadi, secara ringkas, realitas virtual memerlukan penyajian indra kita dengan lingkungan virtual yang dihasilkan komputer yang dapat kita jelajahi dengan cara tertentu.
Menjawab "apa itu realitas virtual" dalam istilah teknis sangat mudah. Realitas virtual adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan komputer yang dapat dieksplorasi dan berinteraksi dengan seseorang. Orang itu menjadi bagian dari dunia maya ini atau tenggelam dalam lingkungan ini dan ketika berada di sana, mampu memanipulasi objek atau melakukan serangkaian tindakan.
Bagaimana realitas virtual dicapai
Meskipun kita berbicara tentang beberapa bentuk awal sejarah virtual reality di tempat lain di situs, hari ini virtual reality biasanya diimplementasikan menggunakan teknologi komputer. Ada berbagai sistem yang digunakan untuk tujuan ini, seperti headset, treadmill omni-directional, dan sarung tangan khusus. Ini digunakan untuk benar-benar merangsang indra kita bersama untuk menciptakan ilusi realitas.
Ini lebih sulit daripada kedengarannya, karena indera dan otak kita berevolusi untuk memberi kita pengalaman yang disinkronkan dan dimediasi dengan baik. Jika ada yang kurang, biasanya kita bisa tahu. Di sinilah Anda akan mendengar istilah seperti imersif dan realisme memasuki percakapan. Isu-isu yang memisahkan pengalaman realitas virtual yang meyakinkan atau menyenangkan dari pengalaman yang menggelegar atau tidak menyenangkan ini sebagian bersifat teknis dan sebagian bersifat konseptual. Teknologi realitas virtual perlu memperhitungkan fisiologi kita. Misalnya, bidang visual manusia tidak terlihat seperti bingkai video. Kami memiliki (kurang lebih) 180 derajat penglihatan dan meskipun Anda tidak selalu sadar akan penglihatan tepi Anda, jika itu hilang, Anda akan menyadarinya. Demikian pula ketika mata Anda dan sistem vestibular di telinga Anda mengatakan bahwa Anda bertentangan, hal itu dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Itulah yang terjadi pada beberapa orang di atas kapal atau ketika mereka membaca di dalam mobil.
Jika implementasi realitas virtual berhasil mendapatkan kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan sinkronisitas sensorik yang tepat, ia mencapai sesuatu yang dikenal sebagai rasa kehadiran. Dimana subjek benar-benar merasa seperti hadir di lingkungan tersebut.
Mengapa memiliki realitas virtual?
Ini mungkin tampak seperti banyak usaha, dan memang begitu! Apa yang membuat pengembangan realitas virtual bermanfaat? Nilai hiburan potensial jelas. Film dan video game imersif adalah contoh yang bagus. Bagaimanapun, industri hiburan adalah industri multi-miliar dolar dan konsumen selalu tertarik pada hal-hal baru. Realitas virtual juga memiliki banyak aplikasi lain yang lebih serius.
Ada berbagai macam aplikasi untuk realitas virtual yang meliputi:
- Arsitektur
- Olahraga
- Kedokteran
- Seni
- Hiburan
Realitas virtual dapat mengarah pada penemuan-penemuan baru dan menarik di bidang-bidang ini yang berdampak pada kehidupan kita sehari-hari.
Di mana pun terlalu berbahaya, mahal atau tidak praktis untuk melakukan sesuatu dalam kenyataan, realitas virtual adalah jawabannya. Dari pilot pesawat tempur pelatihan hingga ahli bedah aplikasi medis, realitas virtual memungkinkan kita mengambil risiko virtual untuk mendapatkan pengalaman dunia nyata. Ketika biaya realitas virtual turun dan menjadi lebih umum, Anda dapat mengharapkan penggunaan yang lebih serius, seperti aplikasi pendidikan atau produktivitas, yang akan muncul. Realitas virtual dan augmented reality sepupunya dapat secara substansial mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi digital kita. Melanjutkan tren memanusiakan teknologi kita.
Fitur sistem realitas virtual
Ada banyak jenis sistem realitas virtual yang berbeda tetapi semuanya memiliki karakteristik yang sama seperti kemampuan untuk memungkinkan orang melihat gambar tiga dimensi. Gambar-gambar ini tampak seukuran orang tersebut.
Ditambah mereka berubah saat orang tersebut bergerak di sekitar lingkungan mereka yang sesuai dengan perubahan bidang penglihatan mereka. Tujuannya adalah untuk menggabungkan mulus antara gerakan kepala dan mata orang tersebut dan respons yang tepat, mis. perubahan persepsi. Ini memastikan bahwa lingkungan virtual realistis dan menyenangkan.
Lingkungan virtual harus memberikan tanggapan yang tepat – secara real time- saat orang tersebut menjelajahi lingkungan mereka. Masalah muncul ketika ada penundaan antara tindakan orang tersebut dan respons sistem atau latensi yang kemudian mengganggu pengalaman mereka. Orang tersebut menjadi sadar bahwa mereka berada dalam lingkungan buatan dan menyesuaikan perilaku mereka sehingga menghasilkan bentuk interaksi mekanis yang kaku.
Tujuannya adalah untuk bentuk interaksi yang alami dan mengalir bebas yang akan menghasilkan pengalaman yang tak terlupakan.
Ringkasan
Realitas virtual adalah penciptaan lingkungan virtual yang disajikan kepada indera kita sedemikian rupa sehingga kita mengalaminya seolah-olah kita benar-benar ada di sana. Ini menggunakan sejumlah teknologi untuk mencapai tujuan ini dan merupakan prestasi teknis yang kompleks yang harus memperhitungkan persepsi dan kognisi kita. Ini memiliki hiburan dan kegunaan serius. Teknologi menjadi lebih murah dan lebih luas. Kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak kegunaan inovatif untuk teknologi di masa depan dan mungkin cara mendasar di mana kita berkomunikasi dan bekerja berkat kemungkinan realitas virtual.

Komentar
Posting Komentar